Tuesday, January 22, 2013


Kompetisi antar toko aplikasi semakin memanas, GetJar, toko aplikasi terbuka yang menyediakan berbagai aplikasi gratisan untuk berbagai platform dan perangkat bergerak, diberitakan ‘mengusir’ aplikasi peramban Opera Mini dari toko aplikasi mereka.
Pengumuman resmi dari Patrick Mork, Head of Marketing at GetJar muncul di artikel TechCrunch (yang nantinya juga akan di post di blog GetJar). GetJar menjelaskan bahwa mereka mengeluarkan Opera Mini dari daftar aplikasi yang tersedia di toko aplikasi mereka. Alasannya? Opera kini juga memiliki toko aplikasi sendiri, dan tentu saja akan bersaing secara langsung dengan layanan utama GetJar.
Opera beberapa hari yang lalu meluncurkan Opera Mobile Store, toko aplikasi yang bisa diakes secara langsung dari peramban bergerak Opera. Toko aplikasi ini didukung oleh Appia dan menyediakan lebih dari 140.000 aplikasi, baik yang gratis maupun berbayar.
GetJar menjelaskan juga bahwa di layanan mereka, aplikasi yang tersedia adalah gratis, GetJar mendapatkan pemasukan dari sistem iklan, misalnya biaya yang dibayarkan oleh pengembang yang ingin mendapatkan exsposure aplikasi mereka di GetJar. Intinya, mereka membutuhkan pemasukan dari proses yang terjadi ketika berbagai aplikasi terpajang di toko mereka.
Dengan meluncurkan toko aplikasi sendiri yang bisa diakses secara langsung di Opera Mini, akan membuat konsumen tidak lagi mengunjungi GetJar dan lebih memilih mencari dan mengunduh aplikasi lewat Opera Mobile Store, dengan kata lain traffic GetJar akan berkurang yang menyebabkan pemasukan mereka juga berkurang.
Opera Mini sendiri sebenarnya adalah salah satu aplikasi paling diminati oleh pengguna GetJar, kerja sama Opera – GetJar juga sudah cukup lama. Ada 30 juta unduhan lebih yang dicapai Opera Mini selama beberapa tahun sejak kerja sama Opera – GetJar, yang menjadikan Opera Mini sebagai salah satu aplikasi paling populer di kategori peramban.
Baik Opera maupun GetJar juga mengatakan bahwa masing-masing telah saling berbicara dan berusaha untuk melakukan negosiasi. Dengan tidak adanya Opera Mini di GetJar, pengguna GetJar kini bisa memilih peramban bergerak lain selain Opera Mini yang juga tersedia di toko aplikasi mereka, antara lain UC Browser, Bitstream Bolt atau Squace.
Opera sendiri belum memberikan klarifikasi lanjutan kecuali mengatakan bahwa pengguna GetJar akan kehilangan Opera Mini sebagai aplikasi populer serta menjelaskan bahwa Opera juga sedang dalam proses dialog dengan GetJar tentang keputusan untuk mengeluarkan Opera Mini dari toko aplikasi GetJar.
Kita lihat perkembangan selanjutnya dari ‘perseteruan’ GetJar – Opera ini, rilis dari GetJar tentang keputusan untuk mengeluarkan Opera Mini dari toko aplikasi mereka bisa dilihat di tautan ini.
Sumber: GigaOmTechCrunch.
Update: Artikel GigaOm berikut ini memuat komentar dari pihak Opera tentang dikeluarkannya Opera Mini dari GetJar, termasuk penjelasan mereka akan peluncuran Opera Mobile Store yang merupakan salah satu strategi Opera untuk memberikan berbagai fasilitas dan konten pada pengguna mereka (dari berbagai perangkat maupun OS) sehingga kehilangan posisi di GetJar juga tidak begitu merisaukan Opera

No comments:

Post a Comment